Anda Mau Cari Apa?

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

Perhatian!

BERITAHU SAYA APABILA LINK MATI!

Kiat Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Stres adalah salah satu gangguan kejiwaan yang paling populer saat ini. Setiap orang pasti pernah mengalami stress meskipun pada level yang berbeda-beda. Stres bisa saja terjadi kapan dan dimana saja, entah itu di sekolah, lingkungan kerja maupun di rumah.
Meskipun demikian, Stres bukan suatu penyakit. Gangguan ini merupakan suatu bentuk mekanisme pertahanan dari jiwa terhadap tekanan yang datang dari luar. Karena itu, jika anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, anda akan terkena gangguan kejiwaan yang akan berdampak pada masalah kesehatan fisik.
Sebuah penelitian menunjukkan setidaknya 1 dari 3 orang pekerja pernah mengalami stres di tempat kerja. Hasil survei juga mengatakan lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu (akumulasi) dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.

Ada beberapa hal yang dapt menyebabkan stress di tempat kerja, antara lain kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan, prosedur tetap (protap) dan alur kerja yang tidak jelas, kurangnya perencanaan kerja, latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan jenis pekerjaan, komplain dari konsumen terhadap ketidakpuasan pelayanan kerja, gaji yang kecil, adanya ancaman di kalangan karyawan atau persaingan tidak sehat dalam bekerja dan teman kerja yang tidak kooperatif.
Stres di tempat kerja dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti : depresi, gelisah, gugup, tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan. Jika hal-hal diatas yang anda rasakan, segera merubah aktivitas anda sehari-hari baik di tempat kerja maupun di hidup anda secara keseluruhan.
Berikut ada beberapa tips mengatasi stres di tempat kerja :
1.    Buat perencanaan yang baik aktivitas anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan dalam suatu kegiatan, bukan hanya jangka panjang, tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).
2.    Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.
3.    Pastikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.
4.    Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja.
5.    Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik.
6.    Jangan bekerja sendiri, delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.
7.    Pertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.
Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara bising, ventilasi yang baik, cahaya dan  suhu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum Berkomentar, Dibaca Dulu Peraturannya !!!
1. Dilarang Flood
2. Dilarang SPAM
3. Dilarang Live Link
4. Dilarang Berkomentar Memakai Bahasa Kotor / Binatang
5. Dilarang Mencari Keributan
6. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan
7. Dilarang Ber-Anonim, Harus Sesuaikan Nama Anda, Jika tidak punya alamat website, Masukkan ke Alamat Akun Facebook / Twitter anda...

Jika Kalian Sudah Mengerti Silahkan Berkomentar

Admin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...