Anda Mau Cari Apa?

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

Perhatian!

BERITAHU SAYA APABILA LINK MATI!

Istilah-Istilah dalam Internet


Istilah-istilah yang terdapat dalam Internet, yaitu:
1.  Web, merupakan fasilitas dari Internet yang dapat menampilkan data-data berupa teks, gambar, bunyi, animasi, dan data multimedia lainnya melalui Internet.
2. World Wide Web (www),  merupakan kumpulan penyedia layanan web di seluruh dunia yang dapat menyediakan data yang dapt digunakan secara bersama-sama.
3.   Situs Web (Web Sites), merupakan sebuah alamat tertentu di www yang menyediakan informasi tertentu. Untuk membuka situs web, yaitu digunakan browser. Contoh situs web, www.google.co.id atau www.hartonoindo.blogspot.com.
4. Halaman web (Web Pages), merupakan elemen-elemen penyusun sebuah situs web. Diumpamakan seperti buku, halaman web merupakan lembaran-lembaran kertas penyusun buku tersebut. Jika membuka sebuah situs, alamat situs tersebut dinamakan halaman web.
5.  Halaman muka (Homepage), merupakan halaman muka dari sebuah situs web. Ibarat sampul yang dimiliki sebuah buku, homepage biasanya berupa daftar isi dari situs. Oleh karena vitalnya halaman muka, biasanya halaman muka selalu dihiasi dengan tampilan cantik dan menarik.
6. Browser, merupakan aplikasi yang digunakan untuk berselancar di dunia internet. Browser dapat memandu pengguna internet untuk berpindah antarsitus maupun halaman web dengan prinsip keterkaitan/hyperlink.
7.   Download, merupakan kegiatan mengambil data dari internet ke dalam komputer lokal.
8. Upload, merupakan kebalikan dari download, yaitu kegiatan penyalinan data dari komputer lokal ke internet.
9. E-mail / Surat Elektronik, merupakan sebuah surat yang dapat dikirim melalui internet atau jaringan komputer lokal.
10.Universal Resource Locator (URL), merupakan suatu alamat yang mengacu kepada sebuah tempat tertentu di belantara internet. URL pada umumnya dinyatakan dalam karakter yang bisa dipahami oleh manusia, seperti http://www.hartonoindo.blogspot.com.
11.Hypertext Transfer Protocol (http), merupakan bagian dari sebuah URL yang mengidentifikasi lokasi web dan digunakan dalam protokol HTML.
12.Hub, secara bahasa bermakna pusat, yaitu sebuah piranti yang diperlukan dalam pembuatan jaringan. Hal ini dilakukan agar koneksi ke ISP menjadi efisien dan biayanya rendah. Pada umumnya, satu koneksi digunakan oleh beberapa komputer yang tergabung dalam jaringan bersama-sama.
13. Klien (Client), merupakan komputer pengakses internet. Agar klien dapat mengakses internet diperlukan jasa network provider.
14. Penyedia jasa (server), merupakan komputer di internet yang berfungsi menyediakan file-file dan layanan kepada klien. Jasa-jasa yang bisa ditawarkan di internet, antara lain web.
15.Modem, merupakan piranti yang digunakan oleh sebuah komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain melalui kabel telepon. Cara kerjanya melalui proses modulasi, yaitu pengubahan sinyal elektronik menjadi sinyal audio/suara untuk kemudian ditransfer melalui telepon. Jika sudah sampai ke komputer penerima, sinyal audio/suara tersebut mengalami demodulasi sehingga dapat diubah kembali menjadi sinyal elektronik yang dimengerti oleh komputer. Kerja modem adalah melakukan modulasi dan demodulasi secara bergantian.
16.Hyperlink, merupakan fasilitas yang berperan mereferensikan sebuah teks atau gambar ke alamat lain di belantara internet.
17.Transmission Control Protokol/Internet Protocol (TCP/IP), merupakan kumpulan metode-metode untuk menghubungi server. TCP/IP merupakan bahasa standardisasi untuk internet.
18.Internet Protocol (IP), merupakan protokol yang digunakan dalam internet, yang secara teknis bermakna suatu bentuk pengisian dan pengalamatan data-data dan informasi yang akan dikirim melalui internet.
19.Alamat IP (IP Address), alamat IP seperti alamat rumah, berfungsi sebagai identitas komputer dalam jaringan TCP/IP. Bentuk dari alamat IP biasanya terdiri atas 4 segmen dan tiap segmen ditulis menggunakan angka dari 0 (nol) sampai 255 (dua ratus lima puluh lima). Contoh alamat IP, yaitu 196.128.0.1
20.Mesin pencari (Search Engine), merupakan sebuah situs web yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian informasi tertentu dengan cara memasukkan kata kunci (keywords) pencarian. Contoh mesin pencari yang populer di internet adalah www.google.com atau www.yahoo.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum Berkomentar, Dibaca Dulu Peraturannya !!!
1. Dilarang Flood
2. Dilarang SPAM
3. Dilarang Live Link
4. Dilarang Berkomentar Memakai Bahasa Kotor / Binatang
5. Dilarang Mencari Keributan
6. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan
7. Dilarang Ber-Anonim, Harus Sesuaikan Nama Anda, Jika tidak punya alamat website, Masukkan ke Alamat Akun Facebook / Twitter anda...

Jika Kalian Sudah Mengerti Silahkan Berkomentar

Admin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...