Anda Mau Cari Apa?

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

Perhatian!

BERITAHU SAYA APABILA LINK MATI!

Tips Cara Merawat Laptop (Notebook & Netbook) Dengan Aman

Laptop adalah contoh barang elektronik yang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Laptop pun sama halnya seperti  manusia yang harus selalu dirawat, cara merawat laptop tidaklah susah tetapi tidak juga untuk di sepelekan karena hal ini sebenarnya sangat penting agar Laptop tersebut memiliki umur yang panjang atau awet dan tahan lama.
Berikut ini adalah beberapa tips merawat laptop agar memiliki umur yang panjang :
1.   Hindarkan Laptop anda dari sinar matahari secara langsung. Laptop adalah alat yang sangan sensitif dan mudah rusak jika terkena sinar matahari secara langsung. Baik ketika kita kerja maupun ketika kita menyimpannya pun harus terlindung dari sinar matahari.
2.    Berhati – hati dalam mendownload Software dari internet.  Resiko software yang kita download itu memiliki virus cukup besar, jadi jika kita masih tetap ingin menggunakan software yang kita download melalui internet pastikan kita scan software tersebut dengan antivirus terlebih dahulu.
3.  Jangan letakan Laptop di lantai. Resiko Laptop tersebut terinjak sangatlah besar dan ketika Laptop kita taruh di lantai resiko terkena debunya pun sangat besar apalagi jika lantai tersebut jarang disapu dan di bersihkan.

4.   Jangan letakan Laptop anda di tempat yang permukaannya terlalu empuk. Ketika kita menyimpan Laptop kita pada permukaan yang terlalu empuk ini adalah hal yang sangat berbahaya karena sirkulasi udara pada Laptop tersebut akan terganggu dan menyebabkan Laptop tersebut akan lebih cepat panas dan dapat merusak bagian Prosessor.
5.   Jangan letakan benda apapun diantara keyboard dan layar Laptop lalu menutupnya. Resiko layar Laptop tergores cukup besar jika kita menyimpan barang apapun diantara keyboard dan layar Laptop, meskipun barang tersebut adlah kertas sekalipun resiko tergores tetap cukup besar.
6.   Jangan makan dan minum dan meletakan benda yang mengandung cairan disekitar Laptop. Hal ini sangat penting karena Laptop sangat peka sekali jika terkena bahan yang berbentuk cairan apalagi jika masuk kedalam keyboard.
7.   Jangan memberikan penutup apapun termasuk sarung Laptop pada saat Laptop dalam keadaan menyala karena ini juga akan menggangu sirkulasi udara pada Laptop dan akan berakibat pada kerusakan Prosessor.
8. Hindari getaran dan jauhkan Laptop dari alat pengeras suara seperti loudspeaker, mesin/kendaraan berat dan sumber getaran lainnya.
9.   Hindari Laptop dari sinar x-ray di airport.
10. Jika Laptop bermasalah jangan pernah berfikir untuk membongkar Laptop itu sendiri. Sebaiknya serahkan kepada orang yang professional dan lebih berpengalaman. Khusus pada Laptop yang masih bergaransi membongkar Laptop dapat juga merusak sticker garansi yang melekat pada Laptop.
11. Gunakan tas Laptop yang aman. Ada banyak tas Laptop baik bawaan dari toko ataupun kita beli sendiri. Yang pasti hal yang harus diperhatikan adlah Laptop harus cukup aman dari goncangan dan menggunakan gabus pengaman yang cukup baik.
12. Gunakan stabilizer sebagai pengaman terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan kondisi listrik yang tidak stabil, gunakan stabilizer meskipun itu yang standar tetapi bisa meminimalisir kerusakan hardware pada Laptop.
13. Jauhakan dari benda yang mengandung medan magnetik kuat. Laptop sangat peka terhadap benda – benda yang mengandung daya magnet jadi jika kita sedang menggunakan Laptop jauhkan lah benda – benda yang mengandung medan magnet agar tidak merusak kinerja dari Laptop tersebut.
14. Jangan meletakan sesuatu diatas Laptop jika sedang tidak di gunakan apalagi jika barang tersebut memiliki bobot yang cukup berat karena dapat merusak layar monitor pada Laptop.
15. Hati-hati pada saat membawa Laptop. Walaupun kita sudah menggunakan tas Laptop namun kita harus tetap berhati-hati dalam membawa Laptop. Jika kita menggunakan tas Laptop ransel jangan sampai terjadi penumpukan barang yang terlalu banyak, dan hindari juga benturan – benturan yang cukup keras.
16. Rawatlah Baterai Laptop jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai pada Laptop.
17. Yang terakhir bersihkanlah Laptop secara berkala dan rutin. Bersihkan Laptop terutama pada bagian keyboard dan layar monitor. Untuk membersihkan keyboard dianjurkan menggunakan kuas yang halus dan untuk membersihkan layar monitor dianjurkan menggunakan pembersih khusus yang dapat kita beli di toko komputer.
18. Letakkan ditempat yang datar dan aman
19. Letakkan laptop anda ditempat yang datar dan aman (diatas meja). Jangan gunakan laptop ditempat yang permukaannya empuk seperti di atas kasur, karena di khawatirkan saluran udara panas yang ada dibagian bawah laptop akan tersumbat. sehingga membuat laptop menjadi cepat panas. Memakai laptop dipangkuan biasanya rentan jatuh,dan juga bisa berpotensi mengalami gangguan kesehatan reproduksi,
20. Hindarkan laptop guncangan / getaran yang keras dan tekanan fisik berlebihan
Sebaiknya laptop anda masukkan kedalam tas laptop jika anda ingin membawanya untuk menghindari / meminimalisir benturan laptop dengan benda keras yang lain, memasukkan laptop kedalam  tas yang  penuh dengan buku2 tebal dan juga barang yang lain,  bisa menimbulkan tekanan kepada laptop, akhirnya LCD laptop anda yang akan jadi korban , LCD retak dan bisa-bisa pecah. menaruh benda-benda berat di atas laptop juga bisa merusak  LCD dengan mudah, Agar tidak mudah kotor gunakan plastik mika untuk menutupi LCD dan jangan sekali-kali menyentuh dengan tangan agar LCD tidak cepat rusak
21. Pakailah cooling pad / cooler
Untuk mengurangi agar laptop tidak terlalu panas gunakan cooler atau kipas pendingin laptop dan diletakkan di bawah bagian laptop seperti (dudukan laptop)
22. Bijaksana dalam penggunaan listrik dan baterai
Jika anda menghidupkan laptop gunakanlah baterai. jika kapasitas baterai tinggal 10%, maka segera matikan laptop dan Charge dalam keadaan mati, jika baterai sudah penuh segera cabut kabel chargenya , laptop siap di gunakan kembali.
23. Jauhkan laptop dari air
Air merupakan musuh terbesar semua peralatan listrik ,hindari makan dan minum di dekat laptop Anda. Apalagi sampai menaruh minuman dekat laptop. Jika, anda bepergian keluar kota dengan sepeda motor dan harus membawa laptop, bila hujan pastikan tas laptop Anda Anti-Air (lebih elitnya masukkan laptop dalam kresek ).
24. Berilah pelindung standar
Pelindung standar adalah pelindung untuk LCD (LCD Protector) dan keyboard (Keyboard Skin). Dengan LCD Protector, LCD Anda akan lebih aman dari goresan dan dengan keyboard skin, keyboard Anda akan lebih aman dari cairan dan debu. Anda dapat membelinya di toko-toko aksesoris laptop.
25. Hindari radiasi elektromagnetik berlehihan
Sumber utama adalah handphone Anda. Dianjurkan untuk tidak meletakkan handphone diatas laptop Anda. Karena saat ada panggilan maupun SMS, radiasi elektromagnetik HP meningkat dan akan merusak chip dalam laptop yang sangat sensitif dengan radiasi elektromagnetik. Dalam waktu yang lama, radiasi HP diatas laptop akan menimbulkan kerusakan pada keyboard.
26. Update Anti Virus secara berkala
Tidak ada antivirus yang sempurna, akan tetapi dengan selalu melakukan update, antivirus laptop Anda akan lebih kuat melawan virus-virus yang masuk dalam laptop. Pastikan Anda melakukan scan terhadap flashdisk yang masuk.
27. Simpan CD driver laptop dengan baik
Beberapa merk laptop memberikan CD driver saat kita membeli laptop. Jagalah dengan baik CD tersebut, sebab Anda akan membutuhkannya sewaktu-waktu jika harus install ulang OS ataupun ada komponen laptop yang tidak bisa berjalan karena file drivernya rusak.
28. Matikan Program Yang Tidak Perlu
Jika anda tidak menggunakan program tersebut sebaiknya anda matikan, misalnya: Itunes, Desktop Search, dan lainnya. Program-program ini menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Yah kira-kira sesuai motto PLN, yang penting matikan disaat penting. Eh salah yang penting matikan yang tidak penting.
29. Matikan hardware eksternal
Alat-alat eksternal yaitu yang disambung dengan USB (termasuk mouse dan cooling pad anda) dan WiFi, atau printer yang selalu terpasang ke Laptop, semuanya menyedot tenaga baterai anda. Cabut atau matikan.
30. Jaga Kondisi Baterai
Tidak baik untuk membiarkan baterai yang terisi dalam keadaan dorman untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, anda sebaiknya menggunakan baterai tersebut setidaknya sekali dalam 2-3 minggu. Satu hal yang harus diingat, jika baterai laptop anda Li-On maka jangan pernah menggunakannya sampai benar-benar habis.
31. Beli Laptop Baru
Namun jika langkah diatas juga tidak ”mangkus” mungkin cara terakhir ini cara mungkin yang paling mudah namun bukan berarti paling murah. Jadi jika anda punya budget yang cukup beli aja laptop baru. Saat ini telah hadir laptop yang semakin efisien telah mencapai suatu titik dimana bahkan para produsen kini telah berani menjanjikan baterai yang dapat tahan satu hari penuh. Tapi selama anda tidak melakukan kebiasaan buruk saat berlaptop di atas.
32. Menyalakan Laptop Tanpa Battery...
Belakangan sering ditanyakan bagaimana dampak jika menggunakan laptop langsung tanpa batery (AC) dalam artian langsung kabel dipasang dan batery-nya dilepas. Hal ini boleh dilakukan dan akan dapat menjaga kondisi batery tetap awet. Namun, jika listrik sering mati mendadak mungkin ini beresiko kerusakan program atau kehilangan data.
Hal ini boleh dilakukan, namun jangan terlalu lama membiarkan batery dalam keadaan tidak terpakai (idle/unused) terlalu lama. Hal ini juga bisa merusak batery.
Tambahan Khusus No. 32:
Saat baterai yang cukup penuh, anda sebaiknya anda mematikan fungsi autosave ketika menggunakan MS Word atau Excel karena mereka dapat menambah beban yang tidak diperlukan pada hard drive anda. Dan sebaliknya ketika baterai laptop anda sudah hampir habis, sebaiknya anda mengaktifkan kembali fungsi autosave karena anda tidak akan pernah tahu kapan baterai laptop anda benar-benar habis. Dan ketika hal tersebut terjadi, tentu saja anda tidak ingin pekerjaan anda hilang bukan? Jika bingung ya biarin aja autosave selalu…
33. Jangan Menggunakan Laptop Di Tempat Tidur, Bantal, Karpet Tebal
Lho emang kenapa? Begini bila bagian bawah laptop tertutup hal ini akan meningkatkan suhu laptop. Jadi menggunakan laptop dengan beralaskan bantal adalah suatu ide yang buruk karena akan menutupi ventilasi udara. Bila benar-benar ngebet pengen ngetik di tempat tidur, ya beli aja meja kecil tempat meletakkan laptop anda.
Pikirkan juga bila anda menggunakan pembungkus laptop yang menghalangi ventilasi. Bahkan pernah teman yang akhirnya laptopnya mati total. Demikian juga jika Anda menggunakan laptop di atas permukaan yang lunak (sejenis karpet tebal) yang dapat mengakibatkan ventilasi tidak lancar.
34. Jauhkan notebook Anda dari magnet.
Piranti penghasil magnet seperti  speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular, dapat mempengaruhi kerja notebook Anda, terutama keamanan data dalam harddisk. Jauhkan barang-barang mengandung medan magnet/elektro magnet kuat di sekitar laptop. Bila Anda ingin menggunakan fasilitas yang ada dalam ponsel seperti infrared, usahakan  letakkan ponsel dalam jarak kurang lebih 15 cm dari notebook.
35. Pilih tempat untuk menempatkan netbook Anda, pada bidang yang datar/rata agar lubang ventilasi yang letaknya di bagian bawah notebook tidak tertutup. Usahakan untuk meletakkan notebook di tempat yang stabil/  tidak banyak goyangan dan getaran yang berpotensi merusak harddisk, optical drive, serta komponen lainnya. Jika Anda memiliki cooling pad, baik untuk meletakkan notebook dengan alas cooling pad, Jadi  di manapun Anda bekerja sirkulasi  udara ke dalam notebook akan terjaga, dan aman digunakan dalam waktu lama.
36. Pastikan kondisi baterai masih ada daya yang cukup untuk proses booting hingga OS berjalan. Tapi, untuk memastikan, Anda dapat memasang adaptor, lalu hidupkan notebook Anda. Jangan sampai daya baterai Anda kurang, karena kekurangan daya saat dihidupkan, akan kerusakan permanen pada harddisk.
37. Perhatikan dengan teliti stop kontak adaptor apakah sudah terpasang dengan baik dan stabil lalu lanjutkan memasang jack DC notebook. Jangan sampai ada percikan bunga api pada stop-kontak karena, selain proses charge akan putus sambung, percikan api yang disebabkan stop kontak kendor dapat menyebabkan daya baterai drop dan bisa jadi hanya tahan sampai kurang 1 bulan.
38. Redupkan Layar
Semakin terang layar, maka daya yang digunakan juga semakin banyak. Maka, pilih tampilan layar lebih redup untuk menghemat baterai, Namu, bila Anda kesulitan bekerja dengan kondisi redup, setidaknya setting tampilan layar agar otomatis lebih redup saat tidak digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum Berkomentar, Dibaca Dulu Peraturannya !!!
1. Dilarang Flood
2. Dilarang SPAM
3. Dilarang Live Link
4. Dilarang Berkomentar Memakai Bahasa Kotor / Binatang
5. Dilarang Mencari Keributan
6. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan
7. Dilarang Ber-Anonim, Harus Sesuaikan Nama Anda, Jika tidak punya alamat website, Masukkan ke Alamat Akun Facebook / Twitter anda...

Jika Kalian Sudah Mengerti Silahkan Berkomentar

Admin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...