Anda Mau Cari Apa?

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

Perhatian!

BERITAHU SAYA APABILA LINK MATI!

Tips Cara Menggunakan Facebook Dengan Aman

Facebook adalah salah satu fenomena dunia internet yang paling menggeparkan. Pengguna Facebook sekarang sudah mencapai 300 jutaan dan akan terus bertambah. Wah fantastis, lebih banyak dari penduduk Indonesia bukan?. Dengan facebook kita bisa berbagi cerita dan teman dengan siapa saja di seluruh dunia
Penggunaan Facebook bukanlah tanpa resiko. Banyak kita dengar kasus-kasus yang disebabkan oleh penggunaan facebook. Misalnya saja kasus pencemaran nama baik pengguna Facebook yag terjadi beberapa waktu yang lalu, atau cerita tentang seorang suami yang membunuh istrinya hanya karna istinya menulis status ‘Lajang’ di facebooknya.
Untuk kita sebagai pengguna yang merupakan ancaman terbesar adalah ancaman pembobolan akun facebook. Bagaimana kalau akun facebook kita dimasuki orang lain yang tidak kita kenal. Umpamanya begini, kamar kita atau rumah kita yang sudah kita kunci rapat-rapat bisa dimasuki orang lain tentu itu sangat berbahaya. Salah satu nya kerugiannya harta benda kita bisa dicuri. Itu bila terjadi pada rumah. Nah bagaimana bila terjadi dengan facebook. Bukan saja harta benda seperti file, foto, dan catatan, atau mungkin video, tapi si pencuri bisa menghancurkan image si pemilik Facebook seperti yang terjadi dengan teman saya. Sebut saja namanya Anna, akun facebooknya dimasukki orang. Padahal dia merasa tidak pernah memberikan user Id maupun password nya kepada siapapun. Lalu apa yang terjadi?. Orang yang memasuki facebook Anna (teman saya) menuliskan kata-kata tidak senonoh di wall Anna. Semua teman Anna mengira itu adalah tulisan Anna. Kontan saja, Anna mendapat celaan dari semua teman-temannya di Facebook. Bukan Cuma itu si perampok akun itu juga mengganti foto profil Anna dengan seorang dayak yang di foto telanjang bulat. Betapa malunya Anna, sampai dia enggan menggunakan facebook lagi.

Sebagai pengguna kita harus menjaga facebook akun facebook kita agar tetap ‘safe’. Kita tentu tidak mau bila ada seseorang yang jahil memasuki akun facebook kesayangan kita dan mengacak-acak seluruh isinya.
Berikut adalah beberapa tips bagaimana agar kita bisa menggunakan facebook dengan aman.
  • Jangan biarkan Browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Safari, Opera, dll) mengingat Password kita
Kalau browser mengingat User id kita tentu tidak masalah, tapi kalau browser mengingat password kita tentu itu adalah masalah besar. Setiap browser memiliki fasilitas pengingat user id dan dan password. Fasiltas ini gunanya agar kita tidak perlu mengetikkan user id dan password saat memasuki sebuah akun. Ketika kita memasuki sebuah akun (facebook, e mail, dll) dan mengisikan user id, password, lalu mengklik login, browser akan bertanya seperti ini. Apakah anda ingin google Mozzila Firefox mengingat password anda. Lalu opsi yang ditawarkan adalah Ya, Tidak, dan Tidak sekarang. Nah bila anda berada pada situasi seperti ini maka kliklah tidak atau No, karena bila kita mengklik ya, ketika kita membuka situs itu lagi maka user id dan password akan terpasang tinggal login saja. Bayangkan kalau orang lain membuka situs itu, dia bisa login ke akun anda dengan leluasa. Hal ini akan terjadi walaupun sebelumnya anda sudah sign out atau keluar.
Selain pada browser pada situs Facebook juga terdapat fasilitas serupa. Lihat tulisan ‘Ingat Aku’, bila kita memberi tanda centang pada kota ‘Ingat Aku’ maka facebook akan merekan user id dan password anda.
  • Jangan menggunakan password yang mudah ditebak
Kadangkala kita sering kebingungan menentukan password sebuah akun. Mau buat password yang rumit takut lupa, akhirnya kita cendrung memilih yang mudah-mudah saja untuk diingat. Misalnya menggunakan tanggal lahir sebagai password, nama belakang, nama depan, dan istilah-istilah yang berhubungan dengan diri kita. Jangan pernah membuat password yang gampang ditebak seperti tanggal lahir. Buatlah password se aman mungkin, buat sekitar 8 karakter atau lebih. Kalau takut lupa simpan dicatatan atau di handphone.
  • Hati – hati saat login 
Sebagian dari kita sering menggunakan warnet. Hati-hatilah ketika menggunakan warnet terutama ketika kita akan login ke sebuah akun. Perhatikan orang-orang disektar anda, jangan sampai ada orang iseng yang merekam dan mencatat langkah jari-jari tangan anda. Jangan salah orang bisa mengetahu password dengan melihat jari-jari saja. Satu hal yang terpenting jangan pernah memberikan password kepada siapapun dengan alasan apapun.
Gunakanlah facebook dengan aman agar terhindat dari penyalahgunaan facebook oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab
  • Pikirkan apa yang anda tambahkan
Menerima permintaan yang disediakan oleh teman baru dengan asks posting, foto pesan dan informasi latar belakang tentang pribadi anda. Perhatikan daftar teman dan pikirkan kembali siapa yang berhak mengakses barang pribadi anda. 
  • Cek Pengaturan privasi
Facebook baru-baru ini melakukan pembaruan, mengatur privasi dari awal bisa sangat berarti.
  • Alasan berada di Facebook
Apakah berbagi foto? Tetap berhubungan dengan orang lain? Berbagi link dan pembaruan aktivitas? Tanyakan pada diri sendiri apa yang ingin diperoleh dengan profil pribadi. Dengan demikian akan lebih memangkas informasi pribadi yang ada dipublik. 
  • Cerdas tentang password
Coba untuk tidak menggunakan password yang sama untuk seluruh akun. Pikirkan tipe pertanyaan keamanan yang dipasang dan dimana akan mengirim pembaruan tersebut. 
  • Hati-hati dengan yang dikatakan 
Sekali pembaruan status dan komentar diposting, setiap orang dapat melihat, menduplikasi dan memposting kembali dimanapun dan kapanpun. Apakah anda ingin orang lain tahu bahwa anda akan dirumah sendirian malam ini atau pergi liburan pekan depan?
  • Jika teman-teman mulai menerima spam atau pembaruan status yang muncul tetapi tidak dibuat oleh pengguna sendiri maka akun tersebut kemungkinan tersusupi
Segera lakukan perubahan password. Jika tidak bisa masuk kea kun pribadi, segera pergi ke link help dibagian bawah facebook dan klik security untuk memberitahu Facebook.
  • Monitor aktivitas mencurigakan
Awasi aktivitas mencurigakan di dinding anda, jejak berita dan kotak masuk facebook. Jangan pernah mengklik link mencurigakan. Lihat lebih dekat, jika link yang dimaksud tidak otentik. Jangan pernah mengkliknya. 
  • Lindungi perangkat mobile. 
Banyak ponsel yang memiliki akses langsung ke situs jejaring social, termasuk facebook. Waspada terhadap siapapun yang mengakses ponsel dan pastikan akun yang dimiliki sudah di log-out.
  • Waspada penggunaan komputer
Ketika masuk kedalam suatu akun dari Komputer yang berbeda-beda, periksa bahwa komputer tersebut tidak menyimpan alamat email ataupun password.
  • Hati-hati dengan aplikasi,quiz atau games yang begitu banyak di facebook 
Karena tidak semua bebas spyware atau malware, pasanglah software anti virus di PC anda.
  • Pasang photo profil anda asli
Jangan pasang photo artis apalagi gambar kartun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum Berkomentar, Dibaca Dulu Peraturannya !!!
1. Dilarang Flood
2. Dilarang SPAM
3. Dilarang Live Link
4. Dilarang Berkomentar Memakai Bahasa Kotor / Binatang
5. Dilarang Mencari Keributan
6. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan
7. Dilarang Ber-Anonim, Harus Sesuaikan Nama Anda, Jika tidak punya alamat website, Masukkan ke Alamat Akun Facebook / Twitter anda...

Jika Kalian Sudah Mengerti Silahkan Berkomentar

Admin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...