Anda Mau Cari Apa?

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

Perhatian!

BERITAHU SAYA APABILA LINK MATI!

Perbandingan Monitor CRT VS LCD

Monitor merupakan piranti yang menampilkan output dari komputer. Dua jenis monitor yang banyak berkembang belakangan ini adalah jenis CRT dan LCD dengan ukuran bervariasi mulai 14 inci hingga 21 inci. Monitor berperan sangat penting dalam menampilkan teks, gambar, dan pemrosesan data. Dalam istilah komputer, informasi atau tulisan yang terlihat pada layar monitor dinamakan Soft Copy.

·       Monitor CRT
Monitor yang beredar saat ini umumnya adalah ukuran 14 inci, selain itu terdapat monitor berukuran 15 inci, 17 inci, 19 inci, dan 21 inci. Untuk ukuran laptop/notebook, ukurannya adalah 8 inci, 10 inci, 12,1 inci, 13,3 inci, dan 14,1 inci. Jika dilihat dari tampilannya, monitor ada yang berwarna (color) dan ada yang satu warna (monochrome). Baik monitor warna maupun satu warna, huruf dan karakter yang ditampilkan dalam bentuk susunan titik-titik (pixel).
Monitor CRT memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti pesawat televisi. Hal ini membuat monitor CRT memiliki ukuran relatif besar dibanding dengan monitor LCD.


Keuntungan dari monitor CRT, antara lain:
-       Lebih Murah
Walaupun harga monitor LCD sudah mengalami penurunan yang signifikan, tetapi jika dibandingkan dengan CRT harganya tetap lebih mahal.
-       Warna yang lebih baik
Monitor CRT secara historis memiliki akurasi warna yang lebih baik jika dibandingkan dengan LCD. Namun perkembangan teknologi belakangan mulai menghasilkan LCD yang mampu menghasilkan warna sebaik monitor CRT (tentunya dengan harga yang jauh lebih mahal).
-       Lebih responsif
Hal ini terutama akan dirasakan oleh pengguna komputer yang menggunakan komputer untuk kepentingan bermain games. Mayoritas LCD mengalami apa yang disebut dengan “Ghosting and Blurring” akibat proses penampilan gambar yang lebih lambat dibandingkan dengan CRT. Implikasinya adalah terkadang pengguna LCD merasa ada proses “Lagging” (Gambar yang terlambat keluar) pada saat sedang bermain game.
-       Resolusi yang lebih variatif
Monitor terkadang perlu disesuaikan resolusinya untuk berbagai kepentingan, CRT dapat melakukan hal ini dengan mudah. Namun tidak halnya dengan LCD.
-       Lebih tahan
Walaupun secara fisik lebih besar dan berat, namun monitor CRT lebih tahan dari gangguan secara fisik jika dibanding dengan LCD. Layar LCD merupakan bagian yang paling sensitif dibanding bagian lainnya.

·      Monitor LCD
Secara sederhana dapat dikatakan bahwa LCD bekerja dengan cara menghalangi cahaya yang masuk. Secara spesifik LCD terdiri atas dua buah kaca terpolarisasi (substrat) yang mengandung sejenis cairan kristal di antaranya. Cahaya yang berasal dari belakang kaca ini akan menembus kaca pertama dan pada saat itu arus listrik akan menyebabkan molekul bergerak membentuk tingkat pencahayaan yang berbeda menembus substrat yang kedua. Hal ini akan menciptakan gambar dan warna yang kita lihat.

Keuntungan dari monitor LCD, antara lain:
-       Memerlukan sumber daya listrik yang rendah
Konsumsi listrik yang diperlukan akan sangat bervariasu bergantung pada teknologi yang digunakan. Monitor CRT umumnya sangat rakus daya, membutuhkan sekitar 100 watts untuk display 19 inci. Rata-rata sekitar 45 watts daya dibutuhkan untuk monitor LCD berukuran 19 inci. Selain itu, monitor LCD juga akan sangat sedikit memproduksi panas.
-       Berukuran kecil dan lebih ringan
Sebuah monitor LCD secara signifikan lebih kecil dan ringan dibanding monitor CRT, umumnya sekitar setengah berat dan ukurab monitor CRT. Sebagai tambahan, LCD juga dapat dipasang di dinding untuk makin meringkas tempat di meja kerja.
-       Lebih fleksibel
Monitor LCD displays dapat lebih fleksibel dari monitor CRT dalam artian penempatan dan pengaturan. Dengan monitor LCD kita dapat melakukan penempatan dengan lebih leluasa di meja, bahkan beberapa monitor LCD memberikan fasilitas untuk digantung di dinding, sehingga meja kerja kita akan lebih leluasa untuk digunakan keperluan lain. Selain itu, kita juga dapat mengatur tampilan monitor LCD menjadi vertikal, horizontal, dan dapat diatur menurut sudut pandang yang sesuai keinginan pengguna.
-       Lebih ramah terhadap mata
Karena monitor LCD menggunakan teknologi piksel yang menyala secara individu, monitor ini tidak menghasilkan flicker maka berarti kesehatan mata pengguna akan lebih terjaga. Adanya flicker akan membuat mata lebih cepat lelah dan berarti radiasi yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum Berkomentar, Dibaca Dulu Peraturannya !!!
1. Dilarang Flood
2. Dilarang SPAM
3. Dilarang Live Link
4. Dilarang Berkomentar Memakai Bahasa Kotor / Binatang
5. Dilarang Mencari Keributan
6. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan
7. Dilarang Ber-Anonim, Harus Sesuaikan Nama Anda, Jika tidak punya alamat website, Masukkan ke Alamat Akun Facebook / Twitter anda...

Jika Kalian Sudah Mengerti Silahkan Berkomentar

Admin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...