Anda Mau Cari Apa?

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1434 H.

Perhatian!

BERITAHU SAYA APABILA LINK MATI!

Pengertian Dari Sholat Jum'at

Secara umum Pengertian shalat Jum'at adalah sholat dua rokaat yang dilaksanakan pada hari Jumat tepat saat tengah hari, sebagaimana sholat Dhuhur. Sholat Jumat dilaksanakan dalam 2 (dua) rakaat. Dalam pelaksanaan sholat Jumat, kita akan mendapati adanya 2 (dua) khutbah.
Hubungan antara manusia dengan sang Pencipta diwujudkan dalam sebuah komunikasi batin yang diterapkan dalam sholat. Di dalam Agama Islam, sholat terbagi atas 2 (dua) hal, yaitu sholat wajib dan sholat sunnah. Dan, sholat jumat adalah salah satu sholat sunnah. Dan, pengertian sholat Jumat ini tidak lain adalah sholat sunnah yang kita lakukan pada saat siang hari dengan jumlah rakaat sebanyak 2 rakaat.
Dalam penerapannya, kita dapat mengembangkan pengertian sholat jumat sebagai sholat sunnah yang dilaksanakan secara berjamaah yang dilakukan sebanyak 2 rakaat dengan diadakan khutbah. Dan, pelaksanaan secara jamaah ini dilakukan di masjid.

Namun, walaupun dikatakan sebagai sholat sunnah, tetapi bagi seorang laki-laki sholat jumat termasuk sholat wajib. Tetapi, bagi wanita dan anak anak, budak dan orang sakit, sholat ini bersifat tidak wajib.
Dasar Pengertian Shalat Jum'at
Untuk lebih memantapkan pengertian sholat jumat ini, maka kita dapat memahaminya berdasarkan surat Al Jum’ah ayat 9 dari Kitab Suci Al Quran. Dalam surat tersebut kita mendapati satu dalil terkait dengan pelaksanaan sholat jumat ini. Dan, dengan dalil ini, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melaksanakan sholat jumat berjamaah di masjid.
Dalil yang kita maksudkan itu adalah sebagai berikut:
“Wahai orang-orang yang beriman, jika padamu diserukan untuk menunaikan ibadah shalat di hari jum'at, maka lakukanlah dengan segera dan segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah segala kegiatan jual beli. Yang seperti itu jauh lebih baik bagimu jika kamu telah mengetahuinya”
Dengan memperhatikan dalil dasar pengertian sholat jumat ini, maka setidaknya kita mengetahui dan memahami bahwa hal paling penting yang harus kita lakukan pada saat mendengarkan seruan untuk melakukan ibadah, dalam hal ini ibadah sholat jumat, maka kita harus segera melakukannya.
Jika ternyata pada saat itu kita sedang melakukan kegiatan hidup, misalnya berdagang, maka tinggalkanlah. Yang seperti inilah yang akan memberikan kesempatan bagi kita untuk menjadi lebih baik.
Begitulah dasar pengertian sholat jumat yang sesungguhnya merupakan firman dari Allah untuk manusia yang selalu beriman dan memahami  segala kebaikan dalam kehidupannya.
Syarat Sahnya Melaksanakan Shalat Jum'at
Untuk dapat melaksanakan sholat jumat sesuai dengan tuntunan yang seharusnya, maka kita harus memahami syarat syarat yang harus kita kondisikan, yaitu:
  1. Tempat yang diperuntukkan bagi penyelenggaraan sholat jumat harus sudah pasti. Dalam hal ini kita tidak perlu menyediakan tempat pelaksanaan sholat di lapangan  atau tanah lapang dan sebagainya. Oleh karena itulah, maka pelaksanaan sholat jumat adalah di masjid atau lingkungan tertentu
  2. Pada saat pelaksanaan sholat jumat ini, maka jumlah jamaah  yang ikut melaksanakan sholat jumat tersebut minimal 40 orang. Dengan jumlah ini, maka akan terlihat kebersamaan kita dalam pelaksanaan sholat jumat.
  3. Terkait dengan waktu pelaksanaan sholat jumat ini, maka waktu yang diperuntukkan bagi pelaksanaan sholat jumat adalah sesuai dengan waktu untuk sholat Dhuhur, yaitu pada tengah hari dengan didahului oleh khutbah yang dilakukan oleh Khatib.
Jika syarat sahnya penyelenggaraan sholat jumat ini dapat kita wujudkan, maka kita dapat menyelenggarakan sholat jumat di lingkungan atau di tempat yang kita tentukan.
Beberapa Ketentuan Tentang Shalat Jumat
Untuk dapat melaksanakan sholat jumat secara nyaman dan tidak khawatir atas ketidaksahannya, maka kita perlu memahami ketentuan dasar mengenai sholat jumat ini. Dan, ketentuan tersebut sebenarnya menggambarkan kegiatan yang dilakukan oleh setiap orang yang melaksanakan sholat jumat, yaitu:
  1. Kita harus mengucakan lafaldz hamdalah
  2. Membaca shalawat Rasullullah SAW
  3. Membaca dua kalimat syahadat
  4. Menyampaikan nasihat nasihat kepada jamaah yang melaksanakan sholat jumat
  5. Membaca ayat ayat suci yang ada di kitab suci Al- qur‘an
  6. Dan, hal terakhir yang kita laksanakan adalah membaca doa
Dengan memperhatikan banyak hal yang harus kita lakukan untuk memahami pengertian sholat jumat ini, maka berakibat pada terselenggaranya sholat jumat yang sesuai dengan ketentuan dasarnya. Dan, sudahkah Anda melakukan sebagaimana ketentuan tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebelum Berkomentar, Dibaca Dulu Peraturannya !!!
1. Dilarang Flood
2. Dilarang SPAM
3. Dilarang Live Link
4. Dilarang Berkomentar Memakai Bahasa Kotor / Binatang
5. Dilarang Mencari Keributan
6. Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan
7. Dilarang Ber-Anonim, Harus Sesuaikan Nama Anda, Jika tidak punya alamat website, Masukkan ke Alamat Akun Facebook / Twitter anda...

Jika Kalian Sudah Mengerti Silahkan Berkomentar

Admin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...